[Coba Lagi] Lasagna Oh Lasagna

Hmmm not bad lah... Tapi masih kurang puas. *ambisius*

Positif. Saya ambisius bikin lasagna yang perfect soal rasa dan penampakan. Setelah gagal total pada pengalaman pertama, saya akhirnya mencoba lagi dengan bahan-bahan sesuai resepnya Rika. Saking ambisius, saya langsung bikin sekitar jam 11 malem. Sungguh ambisius akut bukan?

Tempat eksekusinya tentu di rumah Nida. Karena selain rumahnya tersedia oven, kakak sepupu tercinta saya itu rela ngemodalin adeknya yang terobsesi bikin lasagna. “Awas yaa kalau nggak enak,” ancamnya. Hahaha.

Bahan-bahannya persis seperti di link resep Rika di atas, hanya saja takarannya saya bikin setengahnya, dengan pertimbangan ukuran loyang saya yang 1/2 loyang Rika. Ini dia bahan-bahannya:

  • 200 gr daging cincang.
  • 1 bawang bombay ukuran sedang, dicincang kasar.
  • 100ml cooking cream.
  • 200 gr pasta tomat (di Giant nggak ada crushed tomato) + 1 tomat segar yang dicincang-cincang.
  • Keju parut sesuai selera. Saya pakai keju parmesann dan mozzarella.
  • Air secukupnya, supaya bikin saus dagingnya nggak terlalu kental.
  • Lasagna sheet secukupnya (sesuai selera dan ukuran loyang).
  • Garam, merica bubuk, dan oregano secukupnya.
(Cat: saya tidak pakai kaldu blok, karena bahannya nggak ada dan lupa beli. Tapi nggak mengurangi kelezatan lasagna bikinan saya itu kok).

Follow the rules.

Cara masaknya juga persis instruksi Rika. Saya baru tahu, kata Nida nggak apa wajan teflon dipakai tanpa minyak, karena toh (seperti Rika juga bilang) nanti daging cincang akan mengeluarkan minyak atau kaldu. Kasian dehhh saya baru tahu. Kemana aja Non selama ini?

Oke, ini dia langkah-langkah yang saja jalanin semalam:

  • Memanaskan wajan teflon tanpa minyak, lalu memasukkan daging cincang sampai kecokelatan. Trus nyemplungin bawang bombay dan nambahin garam dan merica secukupnya.
  • Pas daging sudah matang dan bawang bombay terlihat layu, saya sempat  nyicipin dagingnya. Enak, garamnya pas. Lalu, saya  menuangkan pasta tomat. Harusnya sih semua pasta saya tuang. Tapi, pas saya cicipi kok pastanya terlalu asam ya. Ya sudah, saya tuang 3/4 saja dan tambah pasta tomat pizza punya Nida. Lalu, menambahkan air secukupnya agar adonan sedikit lebih cair. Saya nggakngitung pasti ukurannya, ya dikira-kira saja.
  • Kemudian menuangkan cooking cream, kecilkan api, dan mengaduk-aduk sedikit dan membiarkan krim memanas selama 3-5 menit. Setelah itu, memasukkan merica bubuk dan oregano.
  • Lalu memasukkan keju parut sesuai selera dan menunggu sampai keju meleleh. Panaskan sedikit lagi hingga saus daging siap digunakan. Pas saya cicipi, enak deh dan cheesy. Setidaknya saya tenang. Kalaupun gagal lagi, minimal saus dagingnya bisa dinikmati.
  • Saatnya masukin saus daging ke loyang! Sesuai instruksi Rika, lapisan terbawah adalah saus daging, lalu lasagna sheet, saus daging lagi, lasagna sheet lagi, dan terakhir saus daging maning. Saya cuma pakai 2 lapis, karena ukuran loyang yang bantet. Oiya, ternyata yaaa, saus daging yang saya kira sudah cukup banyak, ehhh masih kurang aja lho. Jadinya lapisannya tidak terlalu tebal. Sejak awal saya sudah tahu, lasagna bakalan tepos.
  • Selama menyiapkan itu, Nida standby saya paksa colokin oven. Suhunya 180 dc dan timer selama 25 menit.

Saat memasukkan loyang ke oven, saya harap-harap cemas. Takut gosong lagi. “Bismillah, mudah-mudah berhasil.” Nida ngingetin untuk beberapa kali menengok lasagna. Supaya matangnya rata dan nggak gosong.

Yak, lasagnanya sudah matang. Penampakannya bisa dilihat di atas. Seperti yang sudah saya kira, hasilnya tepos. Tapi masih cantik kok. Memang, kalau ingin bentuknya cantik, kita harus tunggu lasagnanya benar-benar dingin supaya nggak lembek. Soal rasa, sudah pasti enak, karena saus dagingnya kan memang sudah enak. Yah… lumayan sukses lah :)

Sekali lagi, saya ambisius dan terobsesi sama lasagna. Jadi, saya masih belum puas sama hasil semalam. Pengin coba lagi dengan saus daging yang banyak, jadi bentuknya bisa lebih gendut kayak saya. Ahahahaha.

Kebab Minimalis Ala Nida

Cemilan lumayan bikin kenyang.

Kali ini, yang masak Nida. Tapi saya menemani di dapur dan melihat langsung prosesnya. Sengaja saya catat di sini, supaya mudah kalau mau bikin sendiri.

Kenapa nggak saya saja yang coba? Karena prosesnya simple banget, jadi pasti saya bisa bikin sendiri. Selain itu, cemilan ini sudah ditunggu-tunggu. Takutnya kalau saya yang bikin, malah jadi lama.

Untuk membuat kebab minimalis ala Nida ini, bahan-bahannya: kulit tortilla (Nida beli di supermarket), sosis sapi, mayones, dan saus sambal.

Cara bikinnya? Kulit tortilla dipanaskan sebentar di panci anti lengket atau teflon. Lalu goreng sosisnya. Supaya makannya gampang, sosisnya dibelah dua memanjang.

Setelah matang, sosis ditaruh di kulit tortilla yang sebelumnya sudah diolesi mayones. Lalu, beri saos sambal deh :-) Kulit tortillanya dilipat dan kebab siap disantap :9 Kata Nida, biasanya ditambah selada. Tapi, persediaan di kulkas lagi habis.

Habis makan kebab itu, saya beneran kenyang lho. Makanya saya nggak makan malam. Nah, sekarang (jam 3 pagi) jadi lapar deh. Saya cari makanan dulu yaaa… Ahahaha.